RSS

Metta's Day




Dalam rangka merayakan Metta’s Day, adik-adik Vidyasagara beserta Mom and Dad  melakukan kegiatan Fang Shen (melepaskan mahkluk hidup) di Vihara Sudhi Bhavana Bandung. Kegiatan Fang Shen di awali dengan puja bakti pada pukul 10.30 hingga kurang lebih satu jam.

    




Setelah melakukan puja bakti, adik-adik beserta Mom and Dad mendengarkan cerita yang di sampaikan oleh Bhante Nyanabhadra seputar Fang Shen, diantaranya seperti cerita Pangeran Sidharta menyelamatkan angsa yang terluka dari Devadata dan tentang Pangeran Siddharta mengendong domba pincang.

      

Seru sekali, adik-adik maupun orang tua semuanya sangat antusias mendengarkan cerita tersebut.  Bhante Nyanabhadra membawakan cerita dengan sambil mengajak anak-anak untuk melakukan peran-peran tertentu sehingga banyak adik-adik yang senang melihat teman-temannya memainkan peran tertentu dan tertawa melihat aksi dan peran dari adik-adik bersama Bhante Nyanabhadra.
   
    

Setelah mendengarkan cerita, masuk ke acara inti kita yakni pelepasan mahkluk hidup. Hewan-hewan yang di lepaskan meliputi burung, jangkrik dan juga kodok. Senang sekali bisa melihat para hewan kembali berterbang, melompat dan hidup kembali ke habitatnya yang sesungguhnya. Dimana sebelumnya dilakukan pembacaan mantra Om Mani Pad Me Hum.

   

Berikutnya dilanjutkan dengan acara perayaan ulang tahun bersama bagi adik-adik yang berulang tahun di bulan Desember dan Januari, makan bersama dan tentunya tidak lupa sebelum makan kita berdoa dulu. Makan bersama juga dilakukan secara hening selama kurang lebih 10 – 15 menit. Adik-adik semua dengan hening makan dan mengunyah makanan dengan lebih pelan-pelan sesuai dari arahan bhante. Selain itu juga ada pelajaran penting yang didapatkan saat sebelum makan dimana kita semua menunggu sampai semua sudah mengambil makanan dan duduk di aula untuk berdoa lalu makan bersama. Disini bhante mengajak adik-adik, Mom, Dad dan semua cici koko Pembina untuk belajar saling menunggu yang lain dan tidak makan lebih dahulu walaupun sudah kelaparan.




     

Dan terakhir ditutup dengan foto bersama.


    

Semoga melalui acara ini, tidak hanya senyuman yang tertinggal di foto, namun juga di kenangan kita semua. Dan yang lebih penting lagi, kami mengharapkan adik-adik, dan juga semua saudara/saudari sedharma bisa turut memancarkan cinta kasih ke semua mahkluk hidup.

Semoga semua mahkluk hidup berbahagia, sadhu...sadhu...sadhu...

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Taman Putra Vidyasagara, Bandung. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy